Please Read!!

If you want to take out/repost my article, please take out with full credit and add/give MY LINK to your article as a credit. .
Thank you ^_^

Jika kalian ingin mengambil/me-repost artikel yg aku buat, tolong ambil dengan full credit dan tambahkan/kasih LINK BLOG.ku ke creditnya,
Terima Kasih ^_^

*my link: phitryaha.blogspot.com

Jumat, 19 November 2010

Ayo Belanja di Korea !!! Bagian 1

Sapa sih yg gak kenal betapa kerennya barang2 dari Korea, mulai dari sepatu, baju, tas, koper, barang2 kulit, sutera, barang2 antik, suvenir, ah masih banyak lagi. Hampir di semua sudut Korea menjual berbagai macam barang keren dengan harga dan kualitas beragam. Sama seperti di Indonesia, di Korea juga ada pusat perbelanjaan modern atau mall dan tetap masih ada pasar tradisional, meskipun sekarang di Korea sedang ngetren mall online.
Oh, iya, kalau Chingu pas ada di Korea dan mau berbelanja, ada beberapa hal yg mesti diinget2 nih..
a. Pedagang2 di sana tuh kebanyakan pada gak bisa bahasa Inggris, meskipun bahasa Inggris pemula yg biasanya sudah kita kuasai sejak SD, kecuali daerah2 khusus yg banyak orang asingnya, seperti Itaewon. Jadi, kalau mau nawar harga, jangan lupa bawa kalkulator ya… kalau bisa kalkulator sendiri, bukan yg ada di hape loh…
b. Mata uang gak masalah, mereka mau kok nerima mata uang dollar, jadi kita gak perlu repot2 nukerin mata uang Won, tapi pastinya rugi di kita, jadi ya mending dituker dulu deh ke moey changer terdekat.
c. Buat Chingu yg demen ama barang2 antik, hati2, karena di Korea uitu ketat banget soal prosedur ekspor barang yg satu ini. Jadi, kalau kita beli barang2 antik dan mau bawa ke Indonesia, mending nanya prosedurnya ke pedagang tempat kita membeli atau ke Kantor Seni dan Barang Antik, kalau gak ngerti, gampang, nanya aja ama Kedubes RI di sana.
d. Hati2 sama barang2 imitasi merek terkenal. Saat kita beli barang imitasi alias barang ASPAL ini akan ngerepotin kita kalau pas mau balik ke Indonesianya, karena kita bisa tertahan gara2 barang2 tsb.
e. Kebanyakan toko pedagang baju TIDAK MEMBOLEHKAN kita mencoba baju. Jadi, biasanya, kita harus langsung beli tuh baju, bawa pulang, nah baru kita coba di rumah. Kalo ngerasa gak pas atau gak sreg, bisa dibalikin, maksimal 3 hari, tapi biasanya gak balik duit, jadi kita tuker. Tapi, akan beda kalau kita beli baju di tempat tailor atau penjahit. Jadi, dicoba dulu bila baju kita udah jadi, jangan sampe kita udah bayar, eh gak taunya bajunya bermasalah. Karena, kalau sudah dibayar, gak bakalan gampang deh buat bernegosiasi ama si pemilik tokonya.
f. Menurut kepercayaan orang Korea, pembeli pertama itu penentu keberuntungan hari itu. Jadi, kalau kita dateng sebagai pembeli pertama karena kita datengnya tu toko baru buka, jaga baik2 deh mood si penjual.
g. Simpen nomer utusan Korea National Tourism Organization, Tourist Complaint Center di Seoul.Jadi kalau kita mau komplain soal pariwisata dan segala hal nya bisa telpon di (02) 735-0101.
Secara umum, Unnie mau nulisin dulu nih, daftar tempat2 belanja di Korea secara keseluruhan. Nah, nanti akan Unnie bahas tempat2 tertentu yg terbesar dan jadi tempat yg wajib dikunjungi saat Chingu plesiran ke Korea di postingan lain, Ok ???
Busan City : Busanjin Market, Gukje Market, Gwangbok-dong & Nampo-dong, Jagalchi Fish Seomyeon, Texas Street
Daegu City : Jungang and Daeshin Underground Archades, Seomun Market, Yakjeon Herbal Market
Provinsi Gyeonggi : Icheon Pottery Village, Moran Market, Sorae Market
Gyeongju City : Gyeongju Folk’s Hand Craft Village
Incheon City : Ganghwa Market
Jeju Island : Jeju Folk Arts Complex
Provinsi Gyeongsang Utara : Andong Market
Provinsi Jeolla Utara : Iri Jewelry Center, Namwon Market
SEOUL CITY : Apgujeong-dong, Central City, Cheongdam-dong, Donngdaemun Market, Gangnam, Garak-dong Agricultural Market, Gyeong-dong Oriental Medicine Market, Hwanghakdong Flea Market, Hyehwa Philippine Market, Insa-dong Shopping Area, Itaewon-dong Shopping Area, Janganpyeong Antique Market, Myeong-dong Shopping Area, Namdaemun Market, Nonhyeon Furniture Street, Noryangjin Fish Market, Sinchon-dong and Ahyon-dong, Wholesale Plant and Flower Market, Yangjae Flower Market, Yongsan Electronics Market
Provinsi Chungcheong Selatan : Geumsan Maarket, Yuseong Market
Provinsi Jeolla Selatan : Damyang Bamboo Market, Gurye Market
cre : lifeinkorea

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada kesulitan dalam menulis komentar, lihat pada HOW TO pada bagian atas sebelah "beranda"